Hal-hal yang Penting dalam Mengatasi Diabetes

Hal-hal yang Penting dalam Mengatasi Diabetes – Berbagai macam komplikasi dapat terjadi akibat dari penyakit diabetes. Penyakit tersebut seperti penyakit jantung koroner, katarak, kebutaan bahkan stroke. Menurut riset yang dilakukan oleh Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013 menemukan bahwa kenaikan penderita diabetes di Indonesia menjadi semakin tinggi. Yang semula 1.1% pada tahun 2007 menjadi 2.1% di tahun 2013. Dan badan WHO memprediksi bahwa jumlah penderita diabetes di Indonesia dari 8.4 juta pada tahun 2000 menjadi 21.3 juta pada tahun 2030.

Perlu dilakukan tindakan yang dapat membantu dalam mengendalikan kadar glukosa agar diabetes tidak berkembang menjadi penyakit lain. Dengan demikian dibutuhkan kerja sama dengan banyak pihak selain dari penderita yaitu keluarga, dokter dan ahli lainnya. Berikut beberapa hal-hal yang harus dilakukan, di antaranya :

1.Pengetahuan tentang diabetes

Ada dua jenis diabetes yaitu diabetes tipe 1 (akibat bawaan) dan diabetes tipe 2 yang biasanya terjadi akibat pola gaya hidup serta perilaku, terutama dalam hal pola makan serta kurangnya beraktivitas. Dibutuhkan pengetahuan tentang penyakit diabetes, tata cara minum obat, pola makan, komplikasi. Ada baiknya ada pengingat dalam keluarga untuk mengingatkan penderita agar menjaga pola makan yang baik.

2.Pola makan yang seimbang

Merupakan suatu kunci untuk suksesnya dalam mengelola diabetes melitus. Pada saat terdiagnosis terkena diabetes saat pertama kali maka dokter akan memberikan pengaturan makan serta aktivitas fisik yang dilakukan untuk 2-4 minggu. Bila dua hal ini belum cukup mengendalikan glukosa darah maka barulah dokter memberikan obat.

3.Aktif dalam bergerak

Untuk berlatih jasmani sangat diperlukan bagi penderita diabetes. latihan dilakukan sedikitnya 3-4 kali dalam satu minggu selama 30 menit. Kegiatan tersebut meliputi :

  • Aktivitas fisik sehari-hari, membiasakan pola hidup sehat maka kadar glukosa pun dapat terkontrol. Seperti membatasi penggunaan kendaraan bermotor dengan memilih berjalan kaki.
  • Aktivitas rekreasi
  • Hindari aktivitas sedentari, yaitu aktivitas yang hanya memerlukan sedikit energi. Contohnya, menonton televisi, menggunakan internet dalam waktu yang lama dan main game.

4.Mematuhi aturan pengobatan

Dalam hal diet dan aktivitas jasmani belum cukup memadai dalam mengendalikan kadar gula dalam darah, dokter akan memberikan resep sejumlah obat yang dapat membantu untuk menurunkan gula dalam darah agar menjadi normal. Penderita diabetes harus mematuhi jadwal dan tata cara minum obat.

www.obatdiabetes.co.id

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s