Perbedaan Batik Solo dengan Batik Yogyakarta

Perbedaan Batik Solo dengan Batik Yogyakarta – Batik merupakan karya anak bangsa yang telah menjadi warisan budaya  Indonesia. Saat ini hampir di seluruh daerah di Indonesia memproduksi batik tradisional atau classic dengan berbagai motif dan warna.

Batik Indonesia memiliki cita khas tersendiri. Kekhasan ini terletak pada pemasangan corak dan warna yang betul betul elegan sehingga ketika dilihat, batik Indonesia mengandung nilai estetika seni lukis yang tiada tara. Solo dan yogyakarta merupakan dua kota yang dikenal sebagai pusat kebudayaan-nya Indonesia, juga memiliki batik dengan ciri khas yang sangat mempesona. Bahkan, jika batik dari ufuk timur sampai puncak barat nusantara disatukan, batik dari kedua kota besar ini masih lebih hebat. Makanya kota solo dan kota yogya disebut juga kota penghasil batik terbaik.

Jika dilihat dari sejarah atau rekam jejak hadirnya batik solo dan batik yogya, ternyata kedua jenis batik ini awalnya bermula dari satu bentuk atau satu pola saja. Yang mana pola ini di populerkan oleh kerajaan Mataram yang berkuasa di kala itu. Namun, seiring perkembangan jaman, maka distorsi kebudayaan termasuk kedua batik ini menjadi keniscayaan yang harus terjadi. Terutama ketika kerajaan menjadi terpecah pecah. Akhirnya kesamaan pola ini ada yang dipertahankan dan ada juga yang digantikan oleh ciri khas daerah masing masing. Namun, ada juga persamaan antara motif batik solo dengan batik yogya, hanya istilahnya saja yang berbeda.

batik yogya

Sejarah Munculnya Batik Yogya dan Solo

Munculnya perbedaan antara batik solo dengan batik yogya pertama kami di awali oleh munculnya pemberontakan kerajaan mataram terhadap kekuasaan VOC. Yang mana kala itu VOC berusaha melakukan praktek niaga monopoli dengan mempetak petakkan wilayah mataram menjadi dua daerah yaitu kasunanan Surakarta dengan Kesultanan Yogya. Peristiwa ini diabadikan dalam sejarah dengan perjanjian Giyanti.

Dengan adanya pemetakan wilayah ini, maka di daerah mataram, berdiri dua daerah otonomi dengan seperangkat adat istiadat yang berbeda. Untuk daerah kesunanan Surakarta adat yang paling dipegang teguh adalah membatik. Disinyalir batik inilah yang menjadi awal munculnya batik solo. Sedangkan daerah kesultanan yogyakarta sedikit mengubah adat istiadatnya termasuk membatik dengan menambahkan kreasi kreasi tertentu. Nah batik batik inilah yang saat ini menjadi trandmark batik solo dan batik yogyakarta.

Perbedaan Batik Solo dengan Batik Yogyakarta

Seperti yang dikemukakan di atas, bahwa batik solo dengan batik yogyakarta memiliki perbedaan sekalipun diawali dari pola yang sama.

 Ini dia perbedaan perbedaan batik solo dengan batik yogya yang harus anda ketahui, yaitu :

Perbedaan dalam Hal Desaign

Batik solo dengan batik yogya memiliki perbedaan di motifnya. Secara kasat mata, memang keduanya memiliki pola yang sangat mirip. Padahal jika dilihat secara lebih detail ternyata motif batik Yogya lebih gagah dan memberikan efek maskulin. Sedangkan motif batik solo polanya lebih kecil dan memberikan kesan anggun dan luwes.

Perbedaan Pemasangan Warna Dasar

Perbedaan selanjutnya antara batik solo dengan batik yogya terletak pada pemilihan warna dasar.  Batik yogyakarta sebagian besar menggunakan warna dasar putih sedangkan batik solo menggunakan warna dasar coklat emas dan beberapa pemakaian warna yang agak gelap.

Perbedaan Pada Posisi Motif Parang

Perbedaan yang terakhir adalah sama sama memiliki motif parang. Tetapi ternyata pola diantara keduanya agak berbeda. Motif parang milik batik solo menggunakan jalur motif di awali dari posisi kiri atas dilanjutkan ke kanan bawah. Sedangkan motif parang yogya menggunakan jalur sebaliknya yaitu dari kanan atas sampai ke kiri bawah.

Ingin membeli batik solo dan batik yogya lengkap? cari disini saja : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s