Motif Motif Batik Cirebon

Motif Motif Batik Cirebon –  Indonesia merupakan negara penghasil batik terbesar di dunia. Indonesia juga memiliki ribuan batik berkualitas tinggi yang mengundang decak kagum para masyarakat di seantero jagat. Batik Indonesia pernah menjadi polemik internasional akibat diklaim oleh negara lain. Bahkan hampir saja kasus ini berubah menjadi darurat agresi militer. Untung PBB berhjasil mendinginkan suasana. Dan dari hasil penelitian perwakilan bangsa bangsa tersebut ditentukan  jika batik merupakan asli produk Indonesia. Tentunya ini merupakan kebanggaan seluruh masyarakat di tanah air.

Salah satu batik yang diperebutkan di kala itu adalah batik cirebon. Batik cirebon adalah batik tertua di Indonesia. Postur dari batik cirebon baik dari segi motif dan coraknya banyak diadopsi oleh batik batik tanah air yang lebih muda seperti batik tasikmalaya  dan batik garut. Uniknya saat ini batik Cirebon masih eksist dan memiliki daya jual cukup tinggi. Bahkan para turis asing yang ke Cirebon merasa tidak sempurna jika belum membawa cindera mata batik cirebon ke negara asalnya.

batik cirebon

Perbedaan Batik Cirebon dengan Batik Jawa

Batik cirebon memiliki perbedaan mendasar dengan batik batik lainnya. Salah satunya perbedaan dengan batik khas jawa.  Perbedaan batik cirebon dengan batik jawa terdapat pada model pembuatannya. Batik jawa dibuat dengan menulis  2  garis  sebagai tembok pembatas supaya saat membatik proses penulisan motif tidak keluar dari batas tersebut. Sehingga untuk proses lanjutan tembok pembatas tersebut tidak perlu lagi dibuat.

Namun, cara pembuatan batik cirebon tidak demikian. Pola pembuatan batik cirebon hanya menampilkan satu garis pembatas. Sehingga untuk proses selanjutnya, para pembatik harus membuat garis pembatas lain. Jika dilihat dari proses pembuatan ini, maka pola pengerjaan batik cirebon lebih rumit dibandingkan batik batik jawa.

Sejarah Batik Cirebon

Sejarah kemunculan batik cirebon sama dengan sejarah munculnya batik yogyakarta dan batik solo. Batik cirebon dikembangkan pertama kali di dalam keraton Cirebon. Yang mana seni menulis di atas kain ini merupakan hoby dari para keluarga keraton seperti ratu dan para selir. Namun, di kala itu, para babu, dayang dayang, inang, atau abdi dalem juga diberi kesempatan untuk belajar membatik. Dikabarkan, awal mula batik cirebon ditekuni oleh masyarakat  adalah berkat para pembantu keraton inilah yang mengenalkan kepada masyarakat ketika mereka sedang rehat atau sedang pulang ke kampung halaman masing masing.

Motif Motif Batik Cirebon

Batik cirebon terkenal dengan aneka motifnya yang bermacam macam. Motif motif ini menjadi ciri khas pembeda antara batik cirebon dengan batik yang berasal dari daerah lain seperti batik madura, batik bali, batik jambi, batik jepara dan lain lain.

Berikut ini kami berikan garis besar motif batik cirebon yang mendunia, yaitu :

  1. Motif wadasan
  2. Motif geometris
  3. Motif pangkaan
  4. Motif byur
  5. Semarangan

Motif motif ini telah dikenal di seluruh penjuru dunia. Batik cirebon telah pernah meraih kasta teratas di UNESCO sebagai situs sejarah kesenian dunia yang mengangkat citra budaya Indonesia di mata internasional.

Sebagai rakyat Indonesia yang cinta produk dalam negeri, seharusnya menjadikan prestasi ini sebagai spirit untuk memulai langkah langkah pelestarian batik batik Indonesia terutama batik cirebon yang saat ini amat sangat membutuhkan tangan tangan kreatif kita semua untuk terus membuatnya ada dan tetap jaya.

Itulah penjelasan singkat tentang batik cirebon beserta macam macam motifnya.

Ingin membeli batik cirebon berkualitas dan murah? klik saja disini : https://tokobatik.id/

silahkan hubungi kami di :

WA : 087729928943
HP : 0819099601747
Pin BB : 5C559FB2, 5B87172B

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s